Biaya Dak Keraton

Tugas pelaksana proyek renovasi rumah

Tugas pelaksana proyek renovasi rumah pada intinya hampir sama dengan tugas pelaksana proyek umum

Selain pembangunan bangunan rumah yang baru, ada banyak juga klien yang menginginkan merenovasi rumah. Hal ini merupakan hal yang biasa karena kadang klien masih menginginkan bangunan rumahnya masih tetap sama di situ tapi ingin mengubah bentuk atau beberapa bagian dari rumahnya tersebut. Alasan merenovasi rumah juga ada beragam alasan misalnya karena bangunanya sudah kurang kokoh atau pemilik merasa bosan atau membutuhkan ruang tambahan.

Apa saja tugas pelaksana proyek renovasi rumah?

Penting bagi anda yang ingin melakukan renovasi rumah untuk mengetahui tugas – tugas pelaksana proyek renovasi rumah, supaya jika anda sudah memutuskan untuk memulai renovasi rumah anda bisa berkonsultasi dengan pelaksana proyek sesuai dengan tugasnya. Lantas apa saja tugas – tugas pelaksana proyek renovasi yang harus di ketahui? Berikut ini adalah tugas – tugas pelaksana proyek renovasi rumah:

a).Memahami kontrak kerja yang tertera pada dokumen. Proyek renovasi rumah yang besar biasanya ada banyak hal yang harus di pahami terutama yang tertera dalam dokumen penting ini. Anda bisa meminta salinan kontraknya dan mempelajarinya dalam beberapa waktu.

b).Memahami gambar renovasi rumah yang klien sudah dapatkan dari arsiteknya. Pelajari dengan cermat dan pastikan pelaksana proyek melihat lokasi renovasinya juga.

c).Menyusun rencana renovasi rumah sesuai dengan gambar yang sudah di terima.

d).Menyiapkan dan mengecek lokasi renovasi termasuk ketersediaan bahan – bahan yang di perlukan. Biasanya bahan – bahan yang di perlukan untuk renovasi rumah di siapkan sesuai dengan permintaan klien namun tidak ada salahnya pelaksana proyek berkonsultasi lagi dengan pemilik supaya tidak ada kekeliruan ketika proses renovasi sedang di jalankan.

e).Memeriksa kesiapan para pekerja lapangan yang akan melaksanakan proses renovasi. Ini adalah tugas yang tak kalah penting Karena pekerja yang kurang siap atau belum memahami tugasnya bisa menghambat proses renovasi juga.

f).Mengawasi proses pengerjaan renovasi langsung di lapangan, pastikan para pekerja bekerja sesuai dengan rencana yang telah di susun dan juga bahan – bahan yang akan di gunakan untuk pelaksanaanya.

g).Mengontrol  proses pembangunan renovasi rumah karena bukan hal yang tidak mungkin adanya kesalahan baik dari penggunaan bahan maupun pengerjaan proyek.

h).Membuat laporan progress dari proses renovasi rumah karena biasanya  pemiliki rumah akan selalu menanyakan kemajuan dari proses renovasinya.  Pemilik bangunan berhak untuk mengetahui kemajuan dari proses renovasinya dan itu juga bisa menunjukan profesionalitas dari pelaksana lapangan.

i).Kualitas, kuantitas dan proses pengerjaan renovasi rumah harus di ukur oleh pelaksana lapangan. Ukuran tersebut akan di tulis dalam laporan mingguan yang di setorkan pada pemilik bangunan .

Selain tugas – tugas di atas, pelaksana lapangan renovasi rumah juga harus sering berkonsultasi dengan bagian teknis dan juga pemilik bangunan. Jika pemilik bangunan tiba – tiba ingin mengubah salah satu bagian dari bangunannya maka pelaksana harus bisa mencarikan solusi dan juga memberkan arahn kembali pada pekerja. Selain itu, pelaksana jug harus bisa memastikan akibat dri perubahan permintaan dari pemilik bangunan misalnya waktu pelaksanaan yang akan berubah juga bahan bangunan yang akan di butuhkan.

Seorang pelaksana lapangan juga harus bisa menganalisa kemungkinan – kemungkinan adanya perubahan atau kekurangan yang akan terjadi. Sehingga pemilik bangunan bisa mendapatkan pemahaman mengenai proses renovasi jika ada yang kurang sesuai dengan harapanya. Biasanya untuk renovasi rumah, pemilik sudah menentukan bahan – bahan yang akan di gunakan dan bahkan sudah berkonsultasi dengan ahlinya. Namun tidak ada salahnya jika pelaksana proyek memiliki idea tau masukan yang baik mengenai renovasi rumah tersebut. Bukan tidak mungkin proyek yang di yakini akan sesuai harapan, dalam prosesnya ada yang terjadi. Jadi bagi pemilik bangunan jangn ragu untuk berkonsultasi selalu dengan pelaksana lapangan karena memang yang mengetahui persis yang terjadi di lokasi renovasi adalah dia. Itulah penjelasan mengenai tugs – tugas pelaksana lapangan renovasi rumah yang pada umumnya belum banyak diketahui.

Open chat
Bisa dibantu ?
Selamat datang, dengan Surya,
Bapak / Ibu, Apa yang bisa kami bantu ?