Renovasi Rumah Hemat

Tips hemat renovasi rumah

7 Tips Cara Hitung Biaya Renovasi Agar Lebih Hemat

Setiap pasangan muda yang baru menikah pasti menginginkan hunian atau tempat tinggal sendiri. Biasanya pasangan yang sudah menikah lebih memilih pisah dari orang tua agar lebih bebas dalam berumah tangga. Selain itu juga agar tidak terlalu tergantung dengan orang tua, dan melatih diri agar lebih mandiri dalam menyelesaikan permasalahan dalam biduk rumah tangga. Oleh karena itu rumah yang sederhana biasanya menjadi pilihan banyak pasangan muda. Mengambil banyak desain interior adalah salah satu bentuk pelengkap yang disematkan pada rumah mereka. Namun seiring dengan berjalannya waktu dimana mungkin anak bertambah dan mungkin kebutuhan akan dimensi ruang semakin bertambah. Maka tentu saja membutuhkan rumah dengan dimensi yang bisa disesuaikan lagi atau mungkin diperlebar.

Untuk itu melakukan renovasi adalah salah satu alternatif yang bisa dilakukan oleh pasangan muda. Namun tentu saja melakukan renovasi adalah hal yang cukup besar mengingat kebutuhan dimana sekarang ada anak yang sedang tumbuh dan berkembang, serta membutuhkan banyak biaya untuk mendukung pendidikannya. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya renovasi.

1.Membeli bahan bekas
Tips pertama adalah dengan menggunakan bahan yang sudah pernah dipakai sebelumnya. Tentu saja gunakan bahan yang masih bagus. Misalnya kusen jendela yang bekas, yang bisa diubah atau di cat agar tampilannya kembali bagus. Nah barang tadi bisa dipakai untuk merenovasi rumah agar lebih hemat. Tidak perlu susah juga dalam mencarinya, karena sekarang ada banyak pasar loak yang menyediakan bahan yang berkualitas dan terjangkau. Munculkan banyak ide di dalam kepala anda dan temukan barang yang bisa dipakai lagi, seperti misalnya kaca atau apapun.

2.Membeli dengan harga miring
Tips kedua yang bisa diterapkan adalah dnegan membeli barang atau bahan degan harga miring. Misalnya saat sebuah toko sedang menawarkan banyak diskon. Umumnya diskon lebih banyak disediakan oleh toko online. Lagipula sekarang sudah banyak toko online khusus yang menjual bahan atau perlengkapan rumah yang berkualitas. Anda hanya harus memilih dengan cermat dan pilih saat sedang diskon.

3.Melakukan kesepakatan dengan toko
Tips yang ketiga adalah dengan melakukan kesepakatan dengan sebuah toko dimana anda meminta diskon atau harga miring. Balasan untuk toko tersebut adalah anda akan selalu membeli pada toko tersebut.

4.Melakukan renovasi secara bertahap
Tips yang lainnya adalah dengan melakukan renovasi dalam beberapa tahapan. Misalnya untuk tahap pertama anda akan merenovasi pada bagain yang benar-benar krusial. Sementara itu pada tahap selanjutnya untuk yang ringan. Selanjutnya untuk desain atau interior. Nah selama masa rehat itu anda bisa menabung terlebih dahulu.

5.Konsultasi dengan konsultan
Tips selanjutnya adalah dengan melakukan konsultasi dengan konsultan terpercaya. Anda bisa meminta masukan untuk renovasi dengan low budget. Melakuakn konsultasi seperti itu tentu saja membayar, oleh karena itu utarakan segala kebutuhan dan keinginan anda. Konsultan sendiri saat ini sudah banyak atau jika tidka ada, bisa bertanya kepada pekerja tukang yang biasanya lebih mengerti dan hafal betul harga dan barang yang murah dan sesuai dengan kebutuhan anda.

6.Belanja bahan dengan cermat
Tips selanjutnya adalah dengan membeli bahan dengan cermat. Sebisa mungkin paham betul kapan waktu harga bahan bangunan sedang naik dan kapan sedang turun. Hal ini karena harga bahan bangunan cenderung naik-turun, misalnya semen. Oleh karena itu jika sudah tahu, beli sekaligus banyak saat harganya sedang turun. Hal ini bisa menghemat anggaran hingga 20% .

7. Buat konsep minimalis
Hal lain yang bisa menghemat pengeluaran adalah dengan mengubah rumah dengan konsep yang minimalis saja. Konsep minimalis cenderung lebih murah dan bagus juga. Apalagi saat ini banyak yang memakai dan populer juga. Nah itu tadi beberapa tips yang bisa diterapkan bagi anda yang sedang atau mau melakukan renovasi rumah.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan digunakan oleh anda demi mendapatkan rumah idaman anda.

Open chat
Bisa dibantu ?
Selamat datang, dengan Surya,
Bapak / Ibu, Apa yang bisa kami bantu ?